Website Resmi SMP N 1 SEWON

Profil Sekolah

Visi dan Misi

VISI SMP N 1 SEWON

Beriman dan bertaqwa, berprestasi, kompetitif, dan berwawasan lingkungan”

Indikator visi

1. Tersedianya infrastruktur tempat ibadah  yang memadai.

2. Terlaksananya program-program kegiatan peribadatan di sekolah.

3. Tersedianya guru-guru dan tenaga kependidikan terampil IT.

4. Tercapainya peningkatan  mutu dan peringkat sekolah setiap tahun.

5. Tersusunnya kurikulum standar nasional dan KBM yang berkualitas.

6. Tercapainya prestasi peserta didik dalam lomba akademik dan non akademik.

7. Terlaksananya program-program jumsih dan sanitasi.

8. Terwujudnya pelayanan standar minimal pendidikan.

9. Terjalinnya hubungan harmonis dan dialogis  dengan masyarakat sekitar sekolah.

10. Terwujudnya peningkatan  animo dan apresiasi masyarakat pada sekolah.

11. Terwujudnya hubungan kerja sama  yang baik dengan orangtua / wali peserta didik, masyarakat, dan instansi terkait.

 

MISI  SMP N 1 SEWON

1. Mengembangkan kualitas infrastruktur  sarana peribadatan yang memadai.

2. Mengembangkan program-program kegiatan peribadatan  guru dan peserta didik.

3. Mengembangkan kurikulum sekolah berstandar nasional dan pembelajaran yang berkualitas.

4. Menumbuhkan semangat berprestasi baik akademik dan nonakademik

5. Meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan dengan melek  IT.

6. Meningkatkan kewaspadaan  kesehatan , kebersihan, dan penataan   lingkungan sekolah yang nyaman.

7. Meningkatkan program – program sanitasi, penanganan limbah, sampah, dan drainase di sekolah.

8. Mewujudkan pelayanan pendidikan dan pelayanan publik yang berkualitas.

9. Mewujudkan hubungan harmonis dan dialogis dengan masyarakat sekitar sekolah.

10. Mewujudkan peningkatan animo dan apresiasi masyarakat kepada sekolah.

11. Mewujudkan hubungan baik  dan kerjasama orangtua/ wali peserta didik,  masyarakat, dan instansi terkait.

 

A. Tujuan

1. Mempersiapkan peserta didik yang beriman , bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

2. Menyiapkan peserta didik menjadi manusia berkepribadian, cerdas, berkualitas, serta berprestasi dalam bidang akademik dan nonakademik.

3. Membekali peserta didik terampil IT dan mengembangkan secara mandiri untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

4. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan  untuk mampu bersaing dan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

5. Menumbuhkan peserta didik bersifat ulet , gigih, bekerja keras dalam kompetitif dan beradaptasi dengan lingkungan serta mengembangkan jiwa sportivitas.

6. Membangun  hubungan baik, dan kerja sama antara sekolah dengan orangtua peserta didik, masyarakat, dan instansi terkait.

7. Mewujudkan lingkungan  sehat , nyaman,  dan kondusif serta kualitas sanitasi yang bagus.

 

Sejarang Singkat

Lima belas tahun setelah Indonesia merdeka, sekitar tahun 1960, di Kabupaten Bantul baru ada satu sekolah negeri yaitu SMP 1 Bantul yang berlokasi di Jebugan (bekas tanah pabrik gula).

Saat itu ada Peraturan Pemerintah yang menyatakan bahwa setiap penyelenggaraan pendidikan harus dikelola oleh suatu organisasi yang berbadan hukum, artinya lembaga pendidikan tersebut harus mempunyai payung hukum yang kuat. Maka tahun 1960 didirikan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Sekolah Menengah Nasional atau SMP Nasional Bantul yang berkedudukan di Bantul kota. Sebagai lembaga pengelola pendidikan, SMP Nasional Bantul dikuatkan dengan akte notaris nomor 1 tanggal 20 Agustus 1960 oleh Notaris Daliso, SH yang berkedudukan di Yogyakarta dengan susunan pengurus sbb:

1. RW Darso Warsito   : Ketua

2. Sigit Wajiman : Sekretaris

3. Y. Muhadi : Bendahara

4. RW Projo Suwongso : Anggota

5. R. Noto Suwondo : Anggota

6. Bajuri, BA : Anggota

7. Djaudhi : Anggota

Pada tahun itu juga pengurus berinisiatif mengusulkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia agar SMP Nasional Bantul dapat menjadi SMP Negeri.

Usul SMP Nasional Bantul terkabul dengan dikeluarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20/III/PK/1962 tanggal 1 Agustus 1962 tentang SMP Nasional Bantul menjadi SMP Negeri 2 Bantul.

SMP Negeri 2 Bantul berkedudukan  di Bantul, yaitu Desa Gandekan, sebelah utara pasar Bantul dengan menyewa tanah milik Alm. Krt. Kusumaningrat selaku Bupati sejak zaman penjajahan Belanda. Lokasi yang digunakan untuk sekolah seluas 30 X 50 M².

Kondisi sekolah

Rombongan belajar saat itu:

Kelas I = 3 kelas dengan jumlah siswa 132 orang

Kelas II = 3 kelas dengan jumlah siswa 132 orang

Kelas III = 3 kelas dengan jumlah siswa 132 orang

Jumlah guru ada 18 orang dan 5 orang staf tata usaha (TU)

 

Bentuk bantuan digolongkan atas 3 macam, yaitu

1. Subsidi bantuan

2. Subsidi sementara

3. Subsidi penuh

 

 

 

Sarana & Prasarana

Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :

  1.  Kelas 7A
  2.  Kelas 7B
  3.  Kelas 7C
  4.  Kelas 7D
  5.  Kelas 7E
  6.  Kelas 7F
  7.  Kelas 7G
  8.  Kelas 8A
  9.  Kelas 8B
  10.  Kelas 8C
  11.  Kelas 8D
  12.  Kelas 8E
  13.  Kelas 8F
  14.  Kelas 8G
  15.  Kelas 9A
  16. Kelas 9B
  17. Kelas 9C
  18. Kelas 9D
  19. Kelas 9E
  20. Kelas 9F
  21. Kelas 9G
  1. BK                            
  2. K.MANDI                       
  3. KOPERASI                      
  4. LAB. BAHASA                   
  5. LAB. IPA                      
  6. LAB. IPA                      
  7. LAB. KOMP.1                   
  8. LAB. KOMP.2                    
  9. PARKIR GURU                   
  10. PARKIR SISWA                  
  11. PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA       
  12. PERPUSTAKAAN UMUM             
  13. R. MUSHOLLA                   
  14. R.DAPUR                       
  15. R.GUDANG                      
  16. R.GURU                        
  17. R.IBADAH NON                  
  18. R.KANTIN                      
  19. R.KEPALA SEKOLAH              
  20. R.OLAHRAGA             
  21. R.OSIS
  22. R.PENJAGA                     
  23. R.POS JAGA                    
  24. R.PRAMUKA                     
  25. R.TU     
  26. Ruang Keterampilan
  27. UKS 
  1. RUANG KELAS 7A                
  2. RUANG KELAS 7B                
  3. RUANG KELAS 7C                
  4. RUANG KELAS 7D                
  5. RUANG KELAS 7E                
  6. RUANG KELAS 7F                
  7. RUANG KELAS 7G                  
  8. RUANG KELAS 8A                
  9. RUANG KELAS 8B                
  10. RUANG KELAS 8C                
  11. RUANG KELAS 8D         
  12. RUANG KELAS 8E  
  13. RUANG KELAS 8F      
  14. RUANG KELAS 8G                 
  15. RUANG KELAS 9A                
  16. RUANG KELAS 9B                
  17. RUANG KELAS 9C                
  18. RUANG KELAS 9D                
  19. RUANG KELAS 9E                
  20. RUANG KELAS 9F                
  21. RUANG KELAS 9G    

Struktur Organisasi

Struktur organisasi sekolah akan kami update disini

Kepala Sekolah

Haryono, S.Pd
Kepala SMP N 1 Sewon Tahun Pelajaran 2021-2022. Beliau tinggal di Jamprit, panjangrejo, Pundong, Bantul, Yogyakarta.

Program Kerja

Program Unggulan

1. Menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN)
2. Mengembangkan Sikap dan Kompetensi Keagamaan
3. Mengembangkan Potensi Siswa Berbasis Multiple Intelligance
4. Mengembangkan Budaya daerah
5. Mengembangkan Kemampuan bahasa dan Teknologi Informasi
6. Meningkatkan Daya serap Ke Dunia Kerja

Program Pengembangan Sarana Prioritas

1. Membangun 5 Ruang kelas Belajar dengan konstruksi bangunan 3 tingkat
2. Membangun 1 ruang Belajar di lantai 2 gedung lama
3. Membangun Ruang Lab Praktek 3 buah
4. Pembangunan Kantin Siswa
5. Perbaikan dan Pengecetan Lapangan Olah Raga
6. Pengembangan Jaringan Infrastruktur LAN (Intranet dan Internet)
7. Pengembangan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
8. Melengkapi Sarana dan Prasarana Perpustakaan dan Lab Komputer
9. Renovasi Aula
10. Renovasi Tampilan Depan Skolah/Gerbang Sekolah
11. Melengkapi alat praktek

Kondisi Siswa

Berikut ini adalah gambar tabel kondisi siswa di sekolah kami :

Peserta Didik             
SMP NEGERI 1 SEWON            
Kecamatan Kec. Sewon, Kabupaten Kab. Bantul, Provinsi Prov. D.I. Yogyakarta        
Tanggal Unduh: 2021-03-01 13:22:30       
               
1. Jumlah Peserta Didik Berdasarkan Jenis Kelamin 4. Jumlah Siswa Berdasarkan Penghasilan Orang Tua/Wali 5. Jumlah Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan
Laki-lakiPerempuanTotal  PenghasilanLPTotal Tingkat PendidikanLPTotal
303364667  Tidak di isi4711 Tingkat 7110113223
     Kurang dari Rp. 500,00071118 Tingkat 9103118221
2. Jumlah peserta Didik Berdasarkan Usia  Rp. 500,000 – Rp. 999,999102143245 Tingkat 890133223
UsiaLPTotal Rp. 1,000,000 – Rp. 1,999,999118130248 Total303364667
< 6 tahun000 Rp. 2,000,000 – Rp. 4,999,9997069139     
6 – 12 tahun152540 Rp. 5,000,000 – Rp. 20,000,000246     
13 – 15 tahun285336621 Lebih dari Rp. 20,000,000000     
16 – 20 tahun336 Total303364667     
> 20 tahun000           
Total303364667           
               
3. Jumlah Siswa Berdasarkan Agama            
AgamaLPTotal           
Islam296355651           
Kristen235           
Katholik5510           
Hindu011           
Budha000           
Konghucu000           
Lainnya000           
Total303364667           

Komite Sekolah

Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.

Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Sekolah adalah sebagai berikut: Kirno W, S.Pd

Prestasi Siswa

Prestasi di Bidang Akademik :

  • Peringkat ke-3 Nilai UN Tertinggi se-Provinsi Aceh TP 2012/2013
  • Juara I OSN Fisika Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara I OSN Ekonomi Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara II OSN Kimia Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara II OSN Astronomi Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara I Cerdas Cermat PKn Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara I Karya Tulis Ilmiah Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara II Cerdas Cermat Agama Tk. Kabupaten Tahun 2014
  • Juara I & III OSN Fisika Tk. Kabupaten Tahun 2014
  • Juara I & III OSN Astronomi Tk. Kabupaten Tahun 2014
  • Juara I OSN Kebumian Tk. Kabupaten Tahun 2014

Prestasi di Bidang Non-Akademik :

  • Juara I FLS2N Tari Berpasangan Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara I dan II FLS2N Tari Kreasi Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara Harapan I FLS2N Tari Berpasangan Tk. Provinsi Tahun 2013
  • Juara I O2SN Tenis Meja Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara III O2SN Karate Tk. Kabupaten Tahun 2013
  • Juara I FLS2N Putra/Putri Tk. Kabupaten Tahun 2014

Share this 

Facebook
WhatsApp
Twitter
Email